TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA DEBATE
PETUNJUK TEKNIS DEBATE
4th
ENGLISH FESTIVAL 2017
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PURWOREJO
A. KETENTUAN PESERTA
1.
Peserta adalah
siswa SMA/SMK/MA/sederajat yang telah mendaftarkan diri dan telah melakukan
registrasi ulang.
2.
Peserta memakai seragam
identitas sekolah masing-masing, dan bersepatu pantofel pada saat pelaksanaan
lomba.
3.
Peserta diharapkan hadir
minimal 30 menit sebelum acara pembukaan dimulai.
B. KETENTUAN LOMBA
1. English Festival ESC dibuka untuk 32 tim.
2. Setiap sekolah hanya dapat mengirimkan maksimal
2 tim (1 tim terdiri dari 2 orang).
3. Tim harus mengisi formulir pendaftaran
English Festival ESC 2017
4. Sistem debat akan menggunakan Sistem British Parliamentary
5. Akan ada 1 putaran pendahuluan dan 3 putaran
eliminasi (Quarter, Semi dan Final) putaran.
6. Setiap tim diwajibkan untuk menghadapi semua 1
putaran awal.
7. 16 besar akan menghadapi putaran eliminasi pada
hari itu juga.
8. Perdebatan akan dilaksanakan dengan empat tim yang terdiri dari dua orang
9. Tim akan terdiri
dari anggota berikut:
v
Opening
Government:
1)
"Prime
Minister" atau "anggota Pemerintah Pertama"
2)
"Deputy
Prime Minister" atau "anggota Pemerintah Kedua";
v
Opening
Opposition:
1)
"Leader
of the Opposition" atau "anggota Oposisi Pertama"
2)
"Deputy
Leader of the Opposition" atau "anggota Kedua Oposisi";
v
Closing
Government:
1)
"Government
Member" atau "anggota Pemerintah Ketiga"
2)
"Government
Whip" atau "anggota Pemerintah Keempat";
v
Closing
Opposition:
1)
"Opposition
Member" atau
"anggota oposisi Ketiga"
2)
"Opposition
Whip" atau "anggota Oposisi Keempat".
10. Untuk babak penyisihan, pemilihan tim Opening
Government, Opening Opposition, Closing Government, dan Closing Opposition akan
diacak oleh panitia (tabulator). Untuk debat selanjutnya akan dilihat
berdasarkan Victory Points.
11. Tidak akan ada substitusi anggota dalam keadaan apapun. Perubahan
menghasilkan tim dianggap sebagai Walked Out (WO) dan secara otomatis tidak
bisa lolos ke 16 besar.
12. Peserta yang terlambat hadir saat kegiatan tidak mendapat tambahan
waktu.
13. Untuk menggantikan blank spot, panitia akan menyediakan swing
team.
14. Swing Team masih akan dimasukkan ke dalam sistem tabulasi tetapi
seolah-olah mereka dimasukkan ke dalam top 16, posisi mereka akan dihapus dan
digantikan oleh tim di bawah peringkatnya.
15. Sistem tabulasi yang akan digunakan adalah tabbie seperti yang
digunakan dalam NUEDC dan WUDC.
16. Babak penyisihan mengguna sistem tabulasi.
17. Garis besar motion untuk babak penyisihan yaitu berkaitan dengan National
and International issues, Ekonomi, Politic, health, technology, social, and
education.
18. Peserta akan diberi waktu selama 20 menit untuk case building
tanpa kali tambahan.
19. Peserta tidak diperkenankan membawa alat
komunikasi atau gadget selama case building
dan pada perdebatan kecuali bahan cetak diperbolehkan untuk dibawa pada saat case building namun dilarang untuk dibawa saat
orasi.
20. Peserta akan menyampaikan pidato substantif dalam urutan sebagai
berikut:
(1)
Prime
Minister;
Prime minister harus
mendefinisikan sebuah motion/topik dengan berhati-hati. Berjalan dengan baik atau
tidaknya debate dimulai dari Prime Minister, jika Prime Minister gagal maka
pihak lawan atau oposisi bisa saja salah arti atau mencoba menyesuaikan
dengan yang paling baik apa yang dimaksud oleh Prime Minister . Selanjutnya,
Prime Minister akan memberikan konten atau mengapa kasus ini penting dan cara
membuktikannya prime minister umumnya memiliki waktu 7 menit.
(2)
Leader of the Opposition;
LO (Leader of the Opposition) dia
berbicara setelah Prime Minister. Tugasnya menolak atau membuktikan bahwa apa yang
dikatakan Prime Minister tidak benar.
(3)
Deputy Prime Minister;
Deputy Prime Minister berbicara setelah
Leader of Opposition. Dia bertugas untuk menyanggah dan membuktikan apa yang
dikatakan LO tidak benar dan setelah itu membangun kembali atau membuktikan
lagi argumen yang dikatakan oleh Prime Minister benar dan menambahkan argumen
baru yang perlu dibawa.
(4)
Deputy Leader Of the Opposition;
Tugas DLO (Deputy Leader Of the Opposition)
adalah untuk menyanggah semua hal yang dikatakan oleh Government team yang terkadang
menyalahi aturan. Jika membawa argumen baru pada menit terakhir dan lebih baik
untuk menyimpulkan apa yang dikatakan LO dan dirinya.
(5)
Government Member;
Government
Member bertugas untuk menyampaikan point ekstensi atau extend point dari hal yang
sudah dijelaskan oleh tim Opening Government.
(6)
Opposition Member;
Opposition
Member bertugas menyanggah argumen dari GM (Government
Member) dan memberi extend point dari Opening Opposition
(7)
Government Whip;
Government Whip bertugas untuk
menyanggah argumen dari Member of Opposition lalu menyimpulkan debate tersebut
dan mengukuhkannya kepada poin inti dan Government whip tidak boleh membawa
point baru
(8) Opposition
Whip.
Opposition
whip berbicara di akhir debat dia boleh menyanggah tapi tidak boleh
membawa point baru dalam debat lalu summarize(merangkum) point-point yang telah
diberikan oleh timnya dan mengatakan apa yang sebenarnya terjadi di dalam debat
ini.
21. Anggota akan
menyampaikan pidato substantif yang berdurasi tujuh menit dan
harus menawarkan point of information ketika anggota tim lawan
berbicara.
22. Point of Information (pertanyaan/komentar yang diarahkan ke anggota yang
berbicara)
mungkin akan diminta setelah menit pertama dan sebelum menit ke-enam dari pidato para anggota
(pidato yang berdurasi tujuh menit).
23. Untuk
meminta Points of Information, peserta harus berdiri, mengacungkan salah satu
tangan dan mengulurkannya ke arah peserta lawan yang sedang berbicara. Peserta
menyatakan “Points of Information” atau dengan menggunakan kata-kata lain
yang memiliki arti sama. Peserta yang sedang berbicara dapat menerima atau
menolak untuk menjawab.
24. Points of Information yang telah diberikan oleh lawan anggota yang berbicara dapat menerima atau menolak untuk
menjawab Point of Information.
25. Point of Information tidak boleh melebihi 15 detik.
26. Peserta
yang sedang melakukan speech dapat menolak atau meminta peserta yang mengajukan
Points of Information untuk kembali duduk.
27. Point
of Order dan Point of Personal Privilege tidak diizinkan.
28. Hasil adjudicator adalah mutlak.
29. Jadwal, Team List, dan segala informasi terkait
debat termasuk apabila terjadi perubahan akan
diumumkan di blog resmi English Festival ESC.
C. PERATURAN DI DALAM RUANG LOMBA
1. Peserta tidak diperkenankan membawa alat elektronik pada saat
lomba berlangsung.
2. Peserta dilarang membuat kegaduhan saat lomba berlangsung.
3. Saat debat berlangsung, peserta tidak diperbolehkan meminta
bantuan dalam bentuk apapun kepada peserta lain dan penonton.
4. Peserta dan penonton dilarang merokok di dalam ruang lomba.
5. Peserta dilarang membawa
senjata tajam yang
bisa membahayakan
Peserta lain maupun panitia.
6. Peserta diharapkan saling menghormati antar sesama peserta maupun
antara peserta dan panitia.
D.
KETENTUAN TAMBAHAN
1. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap peserta yang tidak
memenuhi persyaratan pendaftaran.
2. Batas terakhir penyerahan kekurangan kelengkapan
administrasi peserta maksimal pada hari H
sebelum lomba dimulai.
3. Guru pembimbing (1 orang dari setiap sekolah, dibuktikan dengan surat tugas pada hari H pelaksanaan
lomba) akan mendapatkan sertifikat.
4. Surat tugas berkenaan dengan sertifikat untuk guru pembimbing
diserahkan di meja informasi pada hari pelaksanaan 4th English Festival mulai pukul
07.00 s.d. 08.00 WIB.
E. LAIN-LAIN
1.
Formulir pendaftaran dapat didownload pada alamat berikut escump.blogspot.com dan dapat diperbanyak.
2.
Peserta dimohon
untuk selalu update mengenai
informasi lomba debat apabila ada perubahan ketentuan di blog tersebut.
3.
Hal-hal lain dapat
ditanyakan kepada panitia.
Contact
Person:
1.
Nita : 085729685313(SMS/WA)
2.
Erni : 089638711826 (SMS/WA)
Komentar
Posting Komentar