PETUNJUK TEKNIS DEBATE ENGLISH FESTIVAL ESC UM PURWOREJO 2018


PETUNJUK TEKNIS DEBATE
5th ENGLISH FESTIVAL 2018
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

A. KETENTUAN PESERTA
1.  Peserta adalah siswa SMA/SMK/MA/sederajat se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah mendaftarkan diri serta telah melakukan registrasi ulang.
2.   Peserta memakai seragam identitas sekolah masing-masing dan bersepatu pantofel pada saat pelaksanaan lomba.
3.   Peserta diharapkan hadir minimal 30 menit sebelum acara pembukaan dimulai.
4.   Satu tim debat terdiri atas 2 debaters.
5.   Utusan tiap sekolah maksimal 2 tim.
6.   Tim yang diterima untuk mengikuti lomba ini adalah 12 tim, selebihnya tidak diterima.
7.  Peserta wajib mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang terlampir dan mengirimkan softcopy melalui e-mail ukmesc.umpwr@gmail.com paling lambat 7 Desember 2018, dengan ketentuan apabila sebelum tanggal tersebut sudah terdaftar 12 tim, maka proses pendaftaran akan kami tutup. Pendaftaran diperpanjang sampai dengan 10 Desember 2018 apabila jumlah peserta belum memenuhi batas kuota.
8.   Anggota tim debat yang telah didaftarkan tidak boleh diganti dengan alasan apapun. 

B.  KETENTUAN LOMBA
1.     Sistem debat akan menggunakan Sistem British Parliamentary.
2.     Akan ada 2 babak awal dan 2 babak eliminasi (semifinal dan final).
3.     Setiap tim diwajibkan untuk mengikuti semua 2 babak awal.
4.     8 besar akan mengikuti babak eliminasi pada hari itu juga.
5.     Perdebatan akan dilaksanakan dengan empat tim untuk setiap ruangan debat.
6.     Tim akan terdiri dari anggota sebagai berikut:
v Opening Government:
1)      "Prime Minister" atau "anggota Pemerintah Pertama"
2)      "Deputy Prime Minister" atau "anggota Pemerintah Kedua";
v Opening Opposition:
1)      "Leader of Opposition" atau "anggota Oposisi Pertama"
2)      "Deputy Leader of Opposition" atau "anggota Kedua Oposisi";
v Closing Government:       
1)      "Government Member" atau "anggota Pemerintah Ketiga"
2)      "Government Whip" atau "anggota Pemerintah Keempat";
v Closing Opposition:
1)      "Opposition Member" atau "anggota Oposisi Ketiga"
2)      "Opposition Whip" atau "anggota Oposisi Keempat".

7.     Untuk babak awal, pemilihan posisi tim Opening Government, Opening Opposition, Closing Government, dan Closing Opposition akan diacak oleh panitia (tabulator). Untuk debat selanjutnya akan dilihat berdasarkan Victory Points.
8.     Tidak akan ada substitusi anggota dalam keadaan apapun. Perubahan akan mengakibatkan tim dianggap sebagai Walked Out (WO) dan secara otomatis tidak bisa lolos ke 8 besar.
9.     Peserta yang terlambat hadir saat kegiatan tidak mendapat tambahan waktu.
10.  Apabila terdapat blank spot, panitia akan menyediakan swing team.
11.  Swing team masih akan dimasukkan ke dalam sistem tabulasi tetapi seolah-olah mereka dimasukkan ke dalam peringkat 8 teratas, posisi mereka akan dihapus dan digantikan oleh tim di bawah peringkatnya.
12.  Sistem tabulasi yang akan digunakan adalah tabbie seperti yang digunakan dalam NUEDC dan WUDC.
13.  Babak penyisihan menggunakan sistem tabulasi.
14.  Garis besar motion untuk babak penyisihan yaitu berkaitan dengan national and international issues, economy, politic, health, technology, social, dan education.
15.  Peserta akan diberi waktu selama 20 menit untuk case building tanpa waktu tambahan.
16.  Peserta tidak diperkenankan menggunakan gawai selama case building dan pada perdebatan, kecuali bahan cetak diperbolehkan untuk dibawa pada saat case building namun dilarang untuk dibawa saat orasi.
17.  Peserta akan menyampaikan pidato substantif dalam urutan sebagai berikut:
(1)   Prime Minister;
-     Menentukan definisi motion dan tentang apa yang didebatkan serta diinginkan dalam debat.
-      Memberikan batasan yang jelas tentang hal yang didebatkan dalam motion secara logis.
-        Menentukan sikap/tujuan diadakannya debat.
-        Memberikan sebuah mekanisme jika perlu.
-  Menyediakan argumen yang mendukung motion serta menjelaskan mengapa argument tersebut penting.
(2)   Leader of the Opposition;
-        Menentukan sikap/tujuan dari Opening Opposition.
-      Memberikan bantahan terhadap definisi motion dari Prime Minister jika diperlukan.
-        Memberikan respon dan bantahan terhadap argument Prime Minister.
-        Memberikan argumen yang bertentangan dengan motion.
(3)   Deputy Prime Minister dan Deputy Leader of the Opposition;
-        Memberikan respon kepada argument dari pembicara sebelumnya.
-        Memberikan contoh kasus di masa lampau dan kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang dalam konteks yang mendukung motion.
-        Memberikan back up terhadap kekurangan dari argumen anggota satu tim.
-        Mempertahankan argument tim dari argumen pembicara sebelumnya.
-        Menyediakan argumen tambahan (extension) untuk memperkuat tim.
 (4)   Government Member dan Opposition Member;
-     Menyimpulkan kekurangan dari argumen tim sebelumnya dan menjelaskan mengapa timnya lebih baik dan berbeda dari tim sebelumnya.
-        Memberikan respon dan sanggahan dari argumen tim sebelumnya.
-     Memberikan tambahan argumen yang mendukung tim dan menjelaskan mengapa argumennya lebih penting dalam debat tersebut.



 (5)   Government Whip dan Opposition Whip.
-        Memperkuat argumen dari timnya dan menjelaskan mengapa argumen-argumen tersebut lebih baik dari tim lawan serta menjelaskan lebih dalam dan memberikan contoh-contoh kasus.
-        Memberikan respon kepada argumen-argumen dari tim lawan dan membandingkannya dengan argumen timnya yang dapat memperkuat timnya.
-        Memberikan analisis baru pada sanggahan-sanggahan tanpa membuat argumen baru.
-        Memberikan contoh-contoh kasus yang dapat memberikan sanggahan pada argumen tim lawan.
18.  Anggota akan menyampaikan pidato substantif yang berdurasi lima menit dan dapat memberikan Point of Information ketika anggota tim lawan berbicara.
19.  Point of Information (pertanyaan/komentar yang diarahkan ke anggota yang berbicara) dapat diminta setelah menit pertama dan sebelum menit keempat dari pidato para anggota.
20.  Untuk meminta Points of Information, peserta harus berdiri, mengacungkan salah satu tangan dan mengulurkannya ke arah peserta lawan yang sedang berbicara. Peserta menyatakan “Points of Information” atau dengan menggunakan kata-kata lain yang memiliki arti sama.
21.  Point of Information tidak boleh melebihi 15 detik.
22.  Peserta yang sedang melakukan speech dapat menolak atau menjawab Point of Information yang diajukan.  
23.  Point of Order dan Point of Personal Privilege tidak diizinkan.
24.  Keputusan adjudicator adalah mutlak.
25.  Jadwal dan segala informasi terkait debat termasuk apabila terjadi perubahan akan diumumkan di blog resmi English Festival ESC.
26.  Detik pertama pidato ditetapkan ketika kata pertama diucapkan oleh peserta.
27.  Adapun tanda ketuk dalam lomba debat sebagai berikut:
-        1 ketuk pertama                    : pidato memasuki menit pertama
-        1 ketuk kedua                        : pidato memasuki menit keempat
-        2 ketuk                                   : pidato memasuki menit kelima
-        Ketuk berkepanjangan          : pidato memasuki 5 menit 20 detik

C. PERATURAN DI DALAM RUANG LOMBA
1.     Peserta tidak diperkenankan membawa alat elektronik pada saat lomba berlangsung.
2.     Peserta dan penonton dilarang membuat kegaduhan saat lomba berlangsung.
3.     Saat debat berlangsung, peserta tidak diperbolehkan meminta bantuan dalam bentuk apapun kepada peserta lain dan penonton.
4.     Peserta dan penonton dilarang merokok di dalam ruang lomba.
5.     Peserta diharapkan saling menghormati antar sesama peserta maupun antara peserta dan panitia.

D. KETENTUAN TAMBAHAN
1.     Panitia tidak bertanggung jawab terhadap peserta yang tidak memenuhi persyaratan pendaftaran.
2.     Batas terakhir penyerahan kekurangan kelengkapan administrasi peserta maksimal pada hari H sebelum lomba dimulai.
3.    Guru pembimbing (1 orang dari setiap sekolah, dibuktikan dengan surat tugas pada hari H pelaksanaan lomba) akan mendapatkan sertifikat.
4.    Surat tugas berkenaan dengan sertifikat untuk guru pembimbing diserahkan di meja pendaftaran pada hari pelaksanaan 5th English Festival 2018 mulai pukul 07.00 s.d. 08.00 WIB.

E.    LAIN-LAIN
1.     Formulir pendaftaran dapat didownload pada laman escump.blogspot.com dan dapat diperbanyak.
2.     Peserta dimohon untuk selalu update mengenai informasi lomba debat apabila ada perubahan ketentuan di blog tersebut.
3.     Hal-hal lain dapat ditanyakan kepada penanggung jawab lomba.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA DRAMA

TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA SPELLING BEE

PANDUAN TEKNIS DAN PELAKSANAAN LOMBA STORY TELLING