SENYUM MEREKA, SENYUM KITA JUGA



          Sabtu (5/12),English Study Centre (ESC) mengadakan bakti sosial (baksos)di desa Girirejo, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Bakti sosial yang bertemakan “Senyum Mereka, Senyum Kita Juga” ini bertujuan untuk melatih pengurus ESC bagaimana bersosialisasi di masyarakat dan berbagi keceriaan bersama masyarakat.
          Adapun rangkaian kegiatan dari baksos tersebut diantaranya penanaman pohon di pantai desa Girirejo, English learning together dengan anak SD, bazar baju murah, konsultasi kesehatan, sosialisasi remaja, serta sosialisasi bekatul.
          Kegiatan dimulai sekitar jam 7 pagi karena sempat tertunda akibat hujan. Namun, kegiatan masih bisa dilanjutkan terutama untuk penanaman pohon cemara di pinggir pantai. Pengalaman pertama kami yang harus membawa bibit cemara dan bibit pohon kelapa melalui tanah berpasir dan ditambah dengan suasan habis hujan. Awalnya memang agak susah menaklukkan medan, tapi setelah beberapa kali PP ambil bibit (jarak posko baksos ke pantai ± 1 km) dengan mudahnya kami menaklukkan medan. Semua perjuangan kami terbayarkan dengan suasana pantai yang ditawarkan. Kurang lebih dua jam kita di tepi pantai untuk melakukan penanaman bibit cemara dan bibit kelapa.  “Mudah-mudahan pohon yang tadi sudah ditanam, bisa mencegah terjadinya tsunami, atau tingginya gelombang air laut.” ucap lurah Girirejo.
          Selain itu, les bahasa Inggris diikuti oleh anak-anak kelas 4-6 SD Negeri Girirejo. Kegiatan konsultasi kesehatan berupa tensi darah juga dibantu oleh anggota KSR sedangkan sosialisasi remaja dibantu oleh anggota PIK-Ma.Yang tak kalah serunya dari kegiatan ini adalah adanya bazar baju murah yang merupakan baju layak pakai yang dikumpulkan dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo dan dijual seharga Rp. 3,000.00 – Rp. 4,000.00 per potong.Hasil dari penjualan baju tersebut di sumbangkan untuk penambahan kas desa.
          Sedangkan sosialisasi bekatul diikuti oleh ibu-ibu rumah tangga yang mana pada sosialisasi ini dijelaskan bahwa bekatul ternyata bisa dijadikan makanan, salah satunya Cepol (Cemilan Ricepolish) yaitu semacam kue kering yang bahan utamanya dari bekatul. 
          Finally, tepat pukul 15.00 WIB acara baksos ditutup oleh Bapak Kepala Desa Girirejo. Tidak terasa kita harus berpisah, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Desa Girirejo & warganya yang telah bersedia berbagi pengalaman bersama kami. Tidak lupa juga penghargaan setinggi-tingginya kami haturkan kepada Bapak Rektor dan Pembina ESC yang sepenuhnya mendukung program kami, keluarga besar ESC yang tercinta dank tentunya semua pihak yang telah mensukseskan acara kami.

Sampai ketemu dengan program baksos ESC selanjutnya in sha Allah, aamiiin.© Puput

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA DRAMA

TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA SPELLING BEE

PANDUAN TEKNIS DAN PELAKSANAAN LOMBA STORY TELLING